Posted by: p4mristkippgrisda | December 16, 2010

SISTEM PENILAIAN PENDIDIKAN* (Part. 2)

Adapun komponen kunci evaluasi yaitu:

1.       kriteria

2.       Keputusan

3.       Keadilan

Di samping itu diperlukan penilaian yang:

1.         Shahih atau valid

2.         Obyektif

3.         Tegas

Dasar hukum sistem penilaian:

1.         UU no.20/2003 tentang Sisdiknas pasal 58 ayat 1

2.         UU no.20/2003 tentang Sisdiknas pasal 58 ayat 2

3.         PP no.19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)

Fungsi evaluasi:

1.         Menentukan keberhasilan peserta didik, program pendidikan, satuan pendidikan

2.         Menilai pelaksanaan dan efektivitas program pendidikan/pembelajaran

3.         Menghasilkan rekomendasi bagi perbaikan program dan/atau satuan pendidikan

4.         Memotivasi peserta didik

Fungsi penilaian di sekolah:

1.         Memantau proses, kemajuan dan perbaikan hasil belajar yang dilakukan secara berkesinambungan.

2.         Memotivasi peserta didik agar lebih giat belajar

Kriteria penilaian:

1.       Penilaian Acuan Patokan (PAP)

Kriterianya adalah tingkat pencapaian kompetensi sebagai sebagai tujuan

2.       Penilaian Acuan Norma (PAN)

Kriterianya adalah nilai kelompok

Nilai menunjukkan posisi atau peringkat dalam kelompok

Instrument yang digunakan mengutamakan validitas internal atau daya pembeda untuk instrument test.

* Materi kuliah umum yang disampaikan di kampus Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya (Unsri)  oleh Prof. Dr. H. Djaali, Dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), pada hari Senin, 13 Desember 2010


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: