Posted by: p4mristkippgrisda | March 22, 2011

PENGANTAR STATISTIKA* (Part. 1)

Pengelompokan ilmu pengetahuan

Berdasarkan objek yang dipelajari, ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi:

1. Ilmu-ilmu alamiah

Objek yang dipelajari meliputi semua benda (benda hidup dan benda mati) yang ada di alam semesta. Kelompok ilmu ini bertujuan mempelajari keteraturan benda-benda tersebut dan berusaha membuat generalisasi. Termasuk dalam kelompok ini, antara lain: geologi, fisika, kimia, biologi, keteknikan, kedokteran, pertanian, pertambangan, astronomi, dll.

2. Ilmu-ilmu sosial

Objek yang dipelajari adalah hubungan antarmanusia, perilaku dan apa yang terkandung dalam pikiran mereka. Kelompok ilmu ini pada umumnya bertujuan untuk mempelajari keteraturan hubungan antarmanusia dan berusaha membuat generalisasi. Termasuk dalam kelompok ilmu ini adalah: sosiologi, ekonomi, manajemen, demografi, psikologi, ilmu pemerintahan, dll.

3. Pengetahuan budaya

Objek yang dipelajari adalah peristiwa atau hasil-hasil karya manusia sejak dahulu kala yang bersifat unik dab berusaha menafsirkannya. Termasuk dalam kelompok ini adalah: sejarah, kesusasteraan, filsafat, antropologi, kesenian, dll.

4. Matematika

Objek yang dipelajari adalah himpunan unsur dan lambing. Mula-mula disusun konsep-konsep pengertian (definisi) dan sifat-sifat dasar tertentu (aksioma) yang dianggap berlaku pada unsur-unsur tersebut. Berbagai konsekuensi logis dari definisi dan aksioma tersebut ditelaah dan disimpulkan sebagai teorema. Jadi kesimpulan (teorema) hanya benar, jika definisi dan aksioma yang digunakan itu berlaku

Cara penalaran sampai menghasilkan kesimpulan sebagai konsekuensi dari definisi dan aksioma itu disebut penalaran deduktif. Unsur-unsur atau lambang yang digunakan merupakan abstraksi/penyederhanaan dari benda/fenomena yang ada di alam nyata. Karena itu mestinya matematika mempunyai kaitan erat dengan alam nyata.

 

* Materi kuliah umum yang disampaikan di kampus Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya (Unsri)  oleh Prof. Barizi, Dosen (emiritus) Institut Pertanian Bogor (IPB), pada hari Senin, 13 Desember 2010


Leave a comment

Categories